Sunday, September 11, 2011

BAGI KAUM MUDA MAHASISWA BARU



Salam Pembebasan Nasional !
Sekarang kita sudah menjadi mahasiswa.  adalah bagian yang terpisahkan dari dinamika kehidupan masyarakat. Kelompok yang berkecenderungan memiliki tradisi ilmiah, tradisi berpikir kritis.
Mari kita tengok saudara-saudara kita, dikanan-kiri, dan di seberang sana, guna merefleksikan siapa kita ini sebenarnya dan untuk apa kita disini!
Kita ini termasuk bagian dari mereka yang diuntungkan oleh situasi dan kondisi sehingga mampu dan bisa kuliah dan bersandau gurau seolah tidak terjadi apa-apa.
Ternyata, masih cukup “mbludak” (banyak) orang-orang yang tidak seberuntung kita. Banyak anak jalanan, anak buruh, anak petani, anak kaum miskin kota, dan masih banyak lagi yang lainnya, yang tidak bisa sekolah, apalagi kuliah.
Faktanya, ada kurang lebih 38,9 juta anak-anak negeri ini yang dilanggar hak didiknya, gedung sekolah rusak tak layak pakai, biaya sekolah dan kulaih yang kian hari kian meningkat (melangit). Sementara orang miskin selalu direproduksi secara terus-menerus. Kenapa hal ini selalu terjadi dan selalu memakan korban banyak (masyakat tentunya).
semuanya harus kuliah, semuanya harus sekolah. Karena itu adalah hak kita, hak orang-orang yang tidak bisa kuliah, dan hak seluruh warga Negara.
Tapi kenapa semuanya juga dibentengi dengan suatu tembok yang namannya kemiskinan???
Lantas kenapa hal ini terjadi dan kemudian banyak yang terampas hak-haknya?
Tentunya, apa yang harus kita lakukan. Mari Kita berposisi dan merumuskan keadaan di tengah situasi yang seperti ini. Kita ini golongan yang diuntungkan kawan! Jangan kemudian kita jadi cuek, acuh, tidak kritis terhadap situasi dan realita social yang meliputi. Mari kita berpikir dengan kritis dan berdasar realitanya!

Apalah Artinya Berbipikir Kalau Terlepas Dari Derita Lingkungan!

No comments:

Post a Comment

Lihat SMI Semarang Office di peta yang lebih besar